Potensi Wisata Desa Sambilawang: Agro Wisata Banana Garden

Potensi Wisata Desa Sambilawang: Agro Wisata Banana Garden

Banana Garden

Banana Garden merupakan pengelolaan lahan yang berhasil dikembangkan oleh Bapak Sulhadi salah satu warga Desa Sambilawang. Dimana “Banana Garden” sering dijadikan tempat dan dituju untuk sejenak merehatkan pikiran. Banana Garden sengaja dirancang dan didirikan oleh Bapak Sulhadi dengan tujuan membantu para pedagang dalam berjualan. Pemilik Banana Garden tersebut mengatakan bahwa beliau memfasilitasi tempat, wifi, dan juga bantuan modal dengan catatan serius dalam berdagang. Tidak ada pemungutan pajak dagang dalam pengelolaan lahan tersebut.

Banana Garden resmi dibuka pada tahun 2019, namun kala itu belum begitu dikenal oleh masyarakat setempat sehingga diadakan sosialisasi melalui TK dan juga PAUD diselingi dengan pembagian makanan gratis. Setelah adanya pensosialisasian, Banana Garden mulai dikenal oleh masyarakat setempat dan mulai dijadikan tempat andalan nongkrong para anak-anak muda, tempat perayaan ulang tahun, rapat pemerintah, tempat kumpul atau mayoran. Luas Banana Garden sendiri kurang lebihnya 20 x 200 , identik dihiasi dengan banyak pohon pisang yang tertata rapi.

Sejak pandemi menyerang Indonesia, serta kemerosotan ekonomi negara dan melambungnya harga beberapa bahan pokok mengakibatkan beberapa pedagang kurang betah. Dari yang mulanya berjumlah 23 warung kuliner kini yang mampu mempertahankan hanya 4 warung kuliner. Informasi-informasi tersebut berhasil digali oleh para peserta KKN-IK IAIN Kudus Desa Sambilawang melalui wawancara langsung dengan Bapak Sulhadi pada 27 September 2021, tak lupa juga diselingi dengan vlog bareng beliau. Bapak Sulhadi sendiri juga sering mempromosikan Banana Garden miliknya melalui sosial media seperti Facebook dan Channel Youtube  Aku Sulhadi  jangan lupa untuk mampir serta menyempatkan waktu like, koment, dan juga subscribe channelnya ya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan