Bermula Dari Hobi, Usaha Bonsai Bapak Kharis Mampu Meraup Pundi-Pundi Rupiah

Bermula Dari Hobi, Usaha Bonsai Bapak Kharis Mampu Meraup Pundi-Pundi Rupiah

Bonsaibonsai

Usaha merupakan segala kegiatan yang berlandaskan hobi atau kesenangan, sengaja dirancang dan dilakukan oleh seseorang baik individu maupun kelompok untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Hal yang serupa juga dilakukan oleh salah satu warga di Desa Sambilawang, yang memiliki hobi yaitu membudidayakan tanaman bonsai. Pemilik dari usaha bonsai tersebut bernama Pak Kharis. Beliau menceritakan awal mula memilih usaha bonsai ialah karena hobi.

Usaha bonsai milik Pak Kharis mulai dirintis sejak tahun 2017. Pak Kharis juga mengatakan bahwa beliau masuk dalam sebuah komunitas khusus yaitu KBP (Komunitas Bonsai Pati). Beliau juga mengatakan bahwa modal usaha yang diperlukan dalam membuat bonsai kurang lebih 100 ribu rupiah. Mulai dari tanaman calon bonsai, tanah, kawat pembentuk, pot, dan lain sebagainya yang dapat dijadikan bahan dalam membudidaya. Hal tersebut diketahui melalui wawancara langsung yang dilakukan oleh peserta KKN-IK IAIN Kudus Desa Sambilawang.

Usaha bonsai ini cukup menarik perhatian terutama dalam hal pendapatan. “Usaha bonsai ini pendapatannya kurang lebih 3-5jt perbulan tergantung pada peminatan bonsai, namun selama masa pandemi ini pendapatan sedikit berkurang/ menurun” ucap beliau ketika wawancara pada (23 september 2021). Untuk keperluan tanaman seperti pupuk biasanya Pak Kharis memilih kotoran kambing karena sangat bagus untuk kesuburan tanah, sedangkan untuk perkembangan bunga seperti bonsai bougenville beliau memilih pupuk NPK.Usaha-usaha rintisan seperti inilah yang wajib diketahui kalangan remaja maupun pemuda guna menunjang semangat dalam membangun kehidupan yang lebih ceria.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan