Bimbingan Belajar Bagi Anak SD/MI Desa Sambilwang bersama Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus

Bimbingan Belajar Bagi Anak SD/MI Desa Sambilwang bersama Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus

20 September 2021 KKN-IK IAIN Kudus di Desa Sambilawang Trangkil Pati membuka kelas Bimbel (Bimbingan Belajar) dimana sasarannya adalah SD/MI. Kegiatan ini dilakukan karena banyaknya wali murid yang mengeluh menegenai proses pembelajaran online, karena para siswa ataupun siswi utamanya SD/MI susah menagkap materi selama pembelajaran online ini, oleh karena itu dengan adanya Bimbel yang diadakan oleh KKN-IK IAIN Kudus dapat membantu para peserta didik dalam memahami materi dalam pembelajaran online ini. Kegiatan Bimbel ini diadakan secara gratis bagi para siswa dan siswi SD/MI mulai 20 September sampai dengan 6 Oktober 2021. Kegiatan bimbingan belajar tersebut dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa, Rabu setelah maghrib. Adapun kegiatannya bertempat di rumah milik salah satu peserta KKN-IK Desa Sambilawang.

Bimbingan belajar dibentuk untuk menjadikan pembelajaran lebih efektif dari sebelumnya selama masa pandemi. Banyak sekali dampak yang ditimbulkan selama masa pandemi ini, hal terbesarnya adalah dalam pendidikan. Mengingat pendidikan merupakan hal penting dalam menciptakan generasi yang cerdas dan bermanfaat bagi bangsa dan juga negara. Oleh karena itu, mahasiswa KKN-IK tertarik dan bersimpati dalam mencari solusi yang tepat atas permasalahan tersebut dengan diadakannya sosialisasi bimbingan belajar. Adapun sosialisai bimbingan belajar dilakukan di Madrasah Darul Ulum Sambilawang pada tanggal 12 September 2021.

Banyak sekali anak-anak Desa Sambilawang yang terlihat antusias dalam mengikuti bimbel tersebut. Pada hari pertama pembukaan bimbel antusias siswa-siswi SD/MI sangat luar biasa mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 SD/MI . Setiap pertemuan bimbingan belajar, siswa-siswi dibagi kedalam beberapa kelompok sesuai dengan tingkatan kelas mereka. Bimbingan belajar yang disediakan antara lain pelajaran umum dan agama.

Harapannya dengan pengadaan bimbingan belajar ini kiranya dapat memudahkan para siswa-siswi dalam mencapai pembelajaran yang lebih efektif dan juga menyenangkan. Bimbingan belajar juga bertujuan untuk mengembalikan semangat siswa-siswi yang selama ini hilang karena masa pandemi yang berkepanjangan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan