Pembukaan Kembali Perpustakaan Desa Sambilawang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembukaan Kembali Perpustakaan Desa Sambilawang

Senin, 20 september 2021 Perpustakaan Desa Sambilawang resmi dibuka. Pada hari pertama pembukaan Perpustakaan Desa Sambilawang sudah terlihat ramai diserbu anak-anak SD/MI. Perpustakaan Desa Sambilawang ini dibuka setiap hari senin sampai jum’at, pada pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Lokasi Perpustakaan Desa Sambilawang yaitu di Samping Balai desa Sambilawang. Koleksi buku di Perpustakaan Desa Sambilawang juga beraneka ragam yaitu:

  1. Buku Kesehatan
  2. Buku Komik
  3. Buku Ilmu pengetahuan
  4. Buku Budidaya dan kerajinan
  5. Novel
  6. Buku Resep
  7. Buku Bisnis
  8. Buku Budaya jawa
  9. Cerita anak
  10. Dan buku umum

Perpustakaan di Desa sambilawang dulunya sudah pernah dibuka kurang lebih 1000 buku, namun karena perpustakaan desa ini ramai dikunjungi anak-anak dari berbagai desa, sehingga tidak menutup kemungkinan adanya buku yang tidak kembali. Seiring berjalannya waktu dan juga perkembangan gadget yang semakin canggih, menjadikan perpustakaan desa kurang diminati khalayak. Para generasi milenial sekarang ini lebih tertarik dengan kehidupan yang praktis terutama dalam hal meminjam buku. Terlebih lagi adanya pandemi saat ini yang tidak memungkinkan perpustakaan dibuka secara luas, menjadikan perpustakaan mencari akal dengan membuka jaringan digital. Namun tidak semua desa dapat menerapkan kebijakan baru seperti perpustakaan besar lainnya.

Akibat pandemi yang berkepanjangan dan perkembangan digital yang semakin canggih menjadikan perpustakaan desa sambilawang terbengkalai dan banyak buku-buku yang hilang. Sehingga di tahun 2021 ini tim KKN dari IAIN Kudus memutuskan untuk menyusun sebuah progja dimana tujuannya ialah membuka perpustakaan Perpustakaan Desa Sambilawang agar dapat digunakan kembali oleh masyakarat desa khususnya kaum pelajar.

Dengan dikelolanya kembali Perpustakaan Desa Sambilawang diharapkan dapat membantu masyarakat desa dan kaum pelajar dalam mencari berbagai informasi. Dan diharapkan kedepannya Perpustakaan Desa Sambilawang akan memiliki koleksi lebih lengkap lagi.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan